Latest Updates

Menghapus Data dan Mengosongkan Hardisk secara Permanent



Tahukah kamu bahwa ketika kamu menghapus file dari computer,mereka masih tetap berada di hard disk kamu ?Di beberapa kasus, file yang dihapus bisa dipulihkan dengan sedikit usaha karena sebagian besar sistem operasi hanya akan menghapus link ke data akhirnya data yang dihapus tidak lagi muncul untuk kamu, tetapi data aktual tetap pada disk.Mendapatkan akses ke data yang dihapus adalah sederhana seperti memulihkan link.

Metode penghapusan baik untuk sebagian besar keadaan, dimana keamanan tidak menjadi masalah, tetapi kamu gak ingin kan kalau ada orang yang memulihkan data yang telah dihapus.Untuk data sensitif, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda menimpa baik link ke informasi dan informasi itu sendiri. Untuk menghapus data dan file kamu disarankan dengan menggunakan software.

·         Dengan memformat Harddisk

Sebelum   kamu   ingin   memformat Harddisk, sebaiknya kamu melakukan backup pada data penting yang ada dalam PC/laptop. Karena jika kamu melakukan format harddisk maka semua data yang pernah kamu simpan akan hilang. Kamu dapat melakukan backup data ke dalam Harddisk eksternal ataupun CD/DVD kemudian mengembalikan data tersebut begitu proses format telah selesai dan harddisk talah dalam keadaan kosong.

Cara untuk format harddisk dengan membuka Window Explore. Kemudian pilih drive yang mau dihapus atau diformat. Di sini saya mengambil contoh drive E: anggap saja harddisk
 Untuk lebih jelasnya silahkan melihat gambar di bawah ini.



Setelah kamu memilih drive yang akan diformat, klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih Format sehingga muncul windows seperti gambar berikut:



Ketikkan nama baru pada Volume Label jika kamu mau beri nama baru pada Hard Disk. Kemudian centang pada Quick Format, lalu klik Start.



Gak lama kemudian akan muncul konfirmasi untuk melakukan format harddisk. Klik saja OK untuk melanjutkan pemformatan harddisk. Tunggu hingga proses pemformatan selesai, dan akan muncul tulisan Format Complete.



Tulisan tersebut menunjukkan bahwa proses pemformatan pada harddisk telah selesai. Kini kamu dapat mencek pada harddisk, apakah sudah terformat atau belum.



Jika tampilan Harddisk kamu seperti gambar di atas, berarti kamu telah berhasil memformat harddisk Semua data yang akan diformat akan hilang dan drive harddisk akan terlihat seperti baru.

Cara Menghapus / Mengosongkan Harddisk

Bila pada satu hari nanti saat kamu ada keinginan untuk menjual hardisk atau computer lengkap kamu harus hati-hati kalau harddisk tersebut telah digunakan untuk menyimpan data-data penting kamu, atau data yang seharusnya orang lain gak boleh melihatnya.Kebanyakan orang bila akan menjual atau memberikan komputer kita ke pihak lain, kamu hanya menghapus (delete) data saja, ada yang memformatnya, atau hanya sebatas memartisi kemudian menginstal ulang.
Namun jika pc atau harddisk kamu itu jatuh ke tangan orang yang salah bisa saja semua data yang telah kita delete/format tersebut bisa diambil lagi. Bahkan bisa masuk berita kalau ada file-file yang seharusnya gak boleh di ketahui orang lain.Untuk itu yang perlu diperhatikan jika kamu akan menjual harddisk atau komputer kamu,maka yang harus diperhatikan adalah:

·         Jangan men-delete data dan mengsongkan recycle bin
·         Jangan memformat harddisk
·         Jangan hanya memformat lalu menginstal ulang operating sistemnya

Sebagai contoh untuk memahami cara kerja penyimpanan data pada harddisk adalah sebagai berikut:
Disaat data informasi di tulis pada harddisk, lokasi informasi di simpan pada sebuah file yang disusun dalam sebuah tabel seperti buku. Pada komputer yang menggunakan OS DOS atau windows, file allocation Table (FAT) atau master file Table (MFT) manangani informasi ini. Ketika sebuah file di hapus FAT atau MFT diperbarui untuk memberikan informasi bahwa kapasitas atau space tersedia lebih, tetapi kenyataanya data tersebut belum pergi dari tempatnya sampai data baru ditempatkan di lokasi tersebut. Hanya cukup menggunakan undelete tools kita bisa memanggil kembali file yang telah dihapus tersebut. Atau kita bisa menggunakan Drive Saver untuk menggembalikan data yang telah rusak baik sevara physivally maupun electrically.
Berikut adalah teknik supaya kita bisa menghapus data dari harddisk secara permanen dan gak bisa di kembalikan lagi.

·         Dengan software Utility Wipe

Salah satu cara adalah dengan menggunakan utility Wipe, dengan utility ini kita bisa menghapus secara permanen data-data kita. Berikut ini beberapa utility  yang bisa kita dapatkan dengan gratis.
    Eraser Oleh Heidi Computers Limited

    Active@ KillDisk

Jika kamu ingin menjual atau memberikan komputer kamu silahkan hapus data dengan software-software diatas.

Degaussing Hard Drive

Deagaussing adalah proses penghapusan dengan medan magnetik, ini khusus untuk media yang penyimpannnya menggunakan prinsip medan magnetis (piringan magnetis). cara ini lebih susah karena perlu peralatan khusus untuk degaussing, yang tak murah juga untuk peralatan ini.

If You Like This Post, Share it With Your Friends

3 Responses to "Menghapus Data dan Mengosongkan Hardisk secara Permanent"

  1. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. buy pbn backlinks

    ReplyDelete
  2. Makasih untuk share info ini, bermanfaat.
    Ditunggu kunjungan baliknya ke Postingan terbaru Saya ya di Trik Mengembalikan Data / File yang Terhapus dengan Easeus Data Recovery Wizard atau Web saya di Toko Komputer Online Terpercaya

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda bila menyukai artikel ini

Berlangganan Artikel Via E-Mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...